PT. PJB Services

Profil PT. PJB Services
PT PJB Services adalah merupakan salah satu anak perusahaan dari PT PJB (Pembangkitan Jawa Bali) dan cucu dari BUMN – Badan Usaha Milik Negara PT PLN yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan lini bisnis dalam memberikan jasa operasi, pemeliharaan unit pembangkit listrik. 

Perusahaan ini didirikan pada tanggal 30 Maret, 2001 dengan prosentase kepemilikan saham 98% dimiliki oleh PT PJB dan 2% dimiliki oleh YK PT PJB (Yayasan Kesejahteraan PT. PJB). Pada awalnya, PT PJB Services hanya fokus pada bidang jasa pemeliharaan pembangkit listrik, kemudian berkembang menjadi perusahaan yang berkecimpung dalam jasa operasi, pemeliharaan pembangkit listrik. Sedangkan PT PLN Pembangitan Jawa Bali I (PT PLN PJB I) berubah nama menjadi PT Indonesia Power.

PT. PJB Services bermula sejak tahun 1945 kemudian pada tahun 1965, induk perusahaan tersebut dibagi menjadi 2 : Perusahaan Listrik Negara dan Perusahaan Gas Negara. Tahun 1972, status PLN menjadi Perusahaan umum (Perum). Tahun 1982, PLN dipecah lagi menjadi dua: Unit Divisi dan Unit Pembangkitan Tenaga Listrik dan Transmisi. Tahun 1994, status PLN menjadi Persero. Setahun kemudian, dilakukan restrukturisasi atas PT PLN (Persero) dengan pendirian subsider pembangkitan. Restrukturisasi ini dilakukan untuk memisahkan misi perusahaan atas sosial dan komersial.

Dalam bidang sertifikasi yang telah diperoleh PT. PJB Services, perusahaan telah memperoleh ISO 9001:2000 nomor sertifikat: 01 100 0187 87 pada tanggal 25 Maret 2002 untuk Manajemen jasa untuk Relokasi, Rehabilitasi, Operasi dan Pemeliharaan Pembangkit Listrik dari sertifikasi lembaga Jerman TÜV CERT Certification Body The TÜV Anlagentechnik GmbH, kemudian pada tahun 2011 PT. PJB Services memperbaharui ISO untuk 9001:2008 untuk mencapai visi dan misi perusahaan.
Visi
  • Menjadi perusahaan pengelola aset pembangkit listrik dan pendukungnya dengan standar internasional”
Misi
  • Melaksanakan pengelolaan aset pembangkit listrik dan pendukungnya dengan standar internasional
  • Menerapkan manajemen total solusi untuk meningkatkan kinerja unit pembangkit listrik secara berkelanjutan
  • Mengembangkan sumber daya perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara berkelanjutan guna memenuhi harapan stakeholder
Kemudian dalam hal inti bisnis pada perusahaan PT. PJB Services adalah sebagai operasi dan pemeliharaan pembangkit listrik dengan hasil pembangkitan energi listrik yang berkualitas tinggi dan dapat diandalkan. 

Ada 7 unit pembangkit listrik yang dikelola oleh PT. PJB Services dengan total kapasitas 3,072 MW. PT. PJB Services juga memiliki fungsi pemeliharaan dalam pembangkit listrik tersebut. 

Dari kemitraan dengan pelanggan, perusahaan telah menyediakan jasa operasi dan pemeliharaan serta jasa – jasa lainnya yang disepakati yang dapat benar-benar menciptakan nilai dan hasil positif yang bisa terukur. 

Produk operasi dan pemeliharaan PT PJB Services menawarkan beberapa kategori:
  1. Pasokan sumber daya manusia
  2. Pengelolaan Aset / Asset Management
  3. Pengawasan pra-COD (Commercial Operation Date)
  4. Pengadaan suku cadang dan komponen untuk mendukung operasi Pembangkit Listrik
  5. Implementasi Sistem Manajemen Informasi untuk operasi dan pemeliharaan Pembangkit Listrik
  6. Proteksi dan harmonisasi Proses Bisnis operasi dan pemeliharaan Pembangkit Listrik
  7. PT. PJB Services menyediakan tools dan keahlian untuk meningkatkan ketersediaan dan kemampuan pembangkit listrik anda.

Subscribe to receive free email updates: